Pages

Rabu, 11 Januari 2017

TEORI ANTRIAN 4

BAB IV
PEMBAHASAN
A.       Model Sistem Antrian
Dalam sistem antrian pembayaran di kasir “Kentucky Fried Chicken” digunakan model sistem antrian multichannel-single phase. Model antrian tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
Gambar Desain Multi Server - Single Phase
Sistem multichannel-single phase terjadi ketika dua atau lebih fasilitas pelayanan yang dialiri oleh antrian tunggal.



B.       Hasil Penelitian
TABEL 1.1
(Kasir 1)
No
Waktu antar Kedatangan (menit)
Waktu
Pelayanan (menit)
No
Waktu antar Kedatangan
(menit)
Waktu
Pelayanan
(menit)
1
0
2
21
6
2
2
4
3
22
0
2
3
1
4
23
0
3
4
1
6
24
1
5
5
3
4
25
8
1
6
1
3
26
5
3
7
6
8
27
1
1
8
0
1
28
1
2
9
6
3
29
6
2
10
1
4
30
0
2
11
1
2
31
4
1
12
8
1
32
3
7
13
7
8
33
4
2
14
9
1
34
6
3
15
4
5
35
1
2
16
2
3
36
0
4
17
3
1
37
12
5
18
2
2



19
2
3



20
1
1
Total
120
112




TABEL 1.2
(Kasir 2)
No
Waktu antar Kedatangan (menit)
Waktu
Pelayanan (menit)
No
Waktu antar Kedatangan
(menit)
Waktu
Pelayanan
(menit)
1
0
1
21
4
5
2
5
3
22
2
4
3
1
1
23
1
2
4
1
1
24
5
4
5
5
1
25
3
3
6
1
3
26
7
2
7
1
1
27
4
2
8
7
8
28
1
3
9
0
3
29
7
1
10
1
4
30
0
2
11
10
4
31
0
4
12
2
3
32
2
3
13
4
8
33
5
3
14
5
3
34
2
3
15
3
2
35
2
3
16
1
2
36
2
2
17
4
1



18
4
2



19
6
2



20
2
1
Total
110
100

C.        Pengolahan Data
1.   Kasir 1
a.    Waktu Antar Kedatangan 
Berdasarkan hasil survey rata-rata waktu antar kedatangan pembeli yang melakukan pembayaran di kasir “Kentucky Fried Chicken” adalah :
Diketahui :
Jumlah waktu kedatangan pembeli = 120 menit.
Banyaknya pembeli yang masuk dalam sistem antrian = 37 orang.
Sehingga tingkat kedatangan pembeli chicken yang akan melakukan pembayaran di kasir 1 adalah .

b.    Rata-rata waktu pelayanan yang diberikan oleh kasir “Kentucky Fried Chicken” yaitu:
Diketahui : Total lama pelayanan = 112 detik
Banyak pembeli yang dilayani = 37 orang
Sehingga tingkat pelayanan .

c.     Probabilitas bahwa fasilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong
Maka probabilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong adalah 0.053.

d.      Probabilitas bahwa ada n spp dalam sistem antrian, pada waktu t
     Maka probabilitas ada n spp dalam sistem antrian, pada waktu t adalah 0.007

e.    Rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem
Maka, rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem adalam 18 orang/jam.

f.      Rata-rata panjangnya antrian
Maka, rata-rata panjangnya antrian adalah 17.05 orang/jam.

g.    Rata-rata waktu pelanggan harus menunggu dalam sistem
Maka rata-rata waktu pelanggan harus menunggu dalam sistem adalah 1.

h.    Rata-rata waktu tunggu sebelum menerima pelayanan
Maka, rata-rata waktu tunggu sebelum menerima pelayanan adalah 1.

i.      Rata-rata panjang antrian yang tidak kosong
Maka rata-rata panjang antrian yang tidak kosong adalah 18 orang/jam.

j.      Rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu
Maka rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu adalah 1orang/jam.




2.       Kasir 2
a.       Waktu Antar Kedatangan 
Berdasarkan hasil survey rata-rata waktu antar kedatangan pembeli yang melakukan pembayaran di kasir “Kentucky Fried Chicken” adalah :
Diketahui :
Jumlah waktu kedatangan pembeli = 110 menit.
Banyaknya pembeli yang masuk dalam sistem antrian = 36 orang.
Sehingga tingkat kedatangan pembeli chicken yang akan melakukan pembayaran di kasir 1 adalah .

b.      Rata-rata waktu pelayanan yang diberikan oleh kasir “Kentucky Fried Chicken” yaitu:
Diketahui : Total lama pelayanan = 117 detik
Banyak pembeli yang dilayani = 36 orang
Sehingga tingkat pelayanan .

c.       Probabilitas bahwa fasilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong
Maka probabilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong adalah 0.095.

d.      Probabilitas bahwa ada n spp dalam sistem antrian, pada waktu t
Maka probabilitas ada n spp dalam sistem antrian, pada waktu t adalah 0.025.

e.       Rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem
Maka, rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem adalam 9.5.

f.        Rata-rata panjangnya antrian
Maka, rata-rata panjangnya antrian adalah 8.59.

g.       Rata-rata waktu pelanggan harus menunggu dalam sistem
Maka rata-rata waktu pelanggan harus menunggu dalam sistem adalah 0.5 orang/jam.

h.      Rata-rata waktu tunggu sebelum menerima pelayanan
Maka, rata-rata waktu tunggu sebelum menerima pelayanan adalah 0.452 jam.

i.         Rata-rata panjang antrian yang tidak kosong
Maka rata-rata panjang antrian yang tidak kosong adalah 10.5 orang/jam.

j.         Rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu
Maka rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu adalah 0.5 orang/jam.


0 komentar:

Posting Komentar