Pages

Rabu, 11 Januari 2017

KEBIJAKAN PENDIDIKAN 4

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Simpulan   yang   dapat   dikemukakan sehubungan dengan pembahasan kebijakan publik dan pendidikan adalah, kebijakan pendidikan berkaitan dengan upaya pemberdayaan peserta didik. Oleh karena pendidikan merupakan ilmu praktsis maka kebijakan pendidikan merupakan proses pemanusiaan yang terjadi dalam lingkungan alam dan sosialnya sehingga kebijakan pendidikan adalah penjabaran  dari  visi  dan  misi  dari pendidikan dalam masyarakat tertentu. Sedangkan  validasinya  terletak  pada seberapa  besar sumbangan  kebijakan tersebut  bagi proses pemerdekaan  individu dan pengembangan pribadi individu yang kreatif dalam mentransformasikan masyarakat serta kebudayaannya.
Suatu kebijakan dibuat untuk menjadi pedoman dalam bertindak dan mengarahkan kegiatan dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai apabila tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang semula bersifat umum telah dirinci, program-program aksi telah dirancang dan sejumlah dana/biaya telah dialokasikan untuk mewujudkan tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran tersebut.







Daftar Pustaka
Sumber Buku dan Jurnal:
Agustino, Leo. 2006. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta
Agustino Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Tilaar, H.A.R 2005. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Sumber Internet:
https://afrizalwszaini.wordpress.com/2012/01/13/defenisi-kebijakan-publik-
menurutpakar/
https://oktaseiji.wordpress.com/2011/04/24/kebijakan-pendidikan-di-indonesia/
http://www.slideshare.net/SangkeYriezpleyyboy/makalah-kebijakan-publik
http://tutikd.blogspot.com/2013/02/kebijakan-publik-sebagai-kebijakan.html



0 komentar:

Posting Komentar