BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Simpulan
yang dapat dikemukakan sehubungan
dengan pembahasan kebijakan publik
dan pendidikan
adalah, kebijakan
pendidikan berkaitan dengan upaya pemberdayaan peserta didik. Oleh karena
pendidikan merupakan ilmu praktsis
maka kebijakan pendidikan merupakan proses pemanusiaan yang terjadi dalam
lingkungan alam dan sosialnya sehingga kebijakan pendidikan adalah
penjabaran dari visi
dan misi dari pendidikan dalam masyarakat tertentu.
Sedangkan validasinya terletak pada seberapa
besar sumbangan kebijakan
tersebut bagi proses pemerdekaan individu dan pengembangan pribadi individu
yang kreatif dalam mentransformasikan masyarakat serta kebudayaannya.
Suatu kebijakan dibuat untuk menjadi pedoman dalam
bertindak dan mengarahkan kegiatan dalam organisasi pendidikan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai apabila tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang semula bersifat umum telah dirinci, program-program aksi telah dirancang dan sejumlah dana/biaya telah dialokasikan untuk mewujudkan tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran tersebut.
Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai apabila tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang semula bersifat umum telah dirinci, program-program aksi telah dirancang dan sejumlah dana/biaya telah dialokasikan untuk mewujudkan tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran tersebut.
Daftar
Pustaka
Sumber Buku dan Jurnal:
Agustino,
Leo. 2006. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta
Agustino
Leo. 2008. Dasar-dasar
Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta
Tilaar,
H.A.R 2005. Manifesto Pendidikan Nasional.
Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Sumber Internet:
https://afrizalwszaini.wordpress.com/2012/01/13/defenisi-kebijakan-publik-
menurutpakar/
https://oktaseiji.wordpress.com/2011/04/24/kebijakan-pendidikan-di-indonesia/
http://www.slideshare.net/SangkeYriezpleyyboy/makalah-kebijakan-publik
http://tutikd.blogspot.com/2013/02/kebijakan-publik-sebagai-kebijakan.html
0 komentar:
Posting Komentar