Pages

Rabu, 11 Januari 2017

KONDISI PPLK

c. Kondisi Siswa dan Respon Siswa
Siswa di SMAN 2 Kota Serang di dalam satu kelas rata-rata berjumlah 40 orang. Respon yang diberikan mereka cukup baik dalam menerima kami untuk melakukan praktek mengajar. 
Selama proses belajar mengajar aktivitas siswa dalam merespon masalah yang dilontarkan guru cukup baik. Para siswa sangat aktif untuk merespon masalah yang diberikan guru. Mereka dapat menanggapi masalah tersebut dengan serius dan selalu berusaha untuk menjawab dan memecahkan masalah yang diberikan guru. Siswa dapat menerima pelajaran dengan baik ada yang bertanya serta ada yang menjawab sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Namun ada beberapa anak yang terlihat pasif dalam merspon hal-hal tersebut.
1.      Keberanian anak bertanya dan menjawab pertanyaan
Pada saat guru memberikan kesempatan menjawab dan bertanya kepada siswa. Para siswa cukup berani untuk melakukan kesempatan tersebut seperti bertanya apabila ada  yang mereka belum mengerti tatang penjelasan guru dan menjawab pertanyaan di papan untuk maju kedepan kelas. Respon siswa sangat baik terutama pada saat guru memberikan pertanyaan kepada siswa, hampir semua siswa mengacungkan tangan untuk menjawab pertanyaan tersebut seolah-olah mereka berebut untuk menjawabnya walaupun jawaban mereka ada yang kurang tepat. Namun ada beberapa siswa yang tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan guru karena malu padahal mereka bisa untuk menjawabnya, ada juga yang tidak berani menjawab karena memang tidak bisa menjawab.
2.      Interaksi siswa, siswa-guru selama PBM
Interaksi siswa, siswa-guru selama proses belajar mengajar berlangsung cukup baik dan terjalin dengan baik. Mereka saling berkerjasama dalam menyelasaikan masalah yang diberikan oleh guru. Ini dapat terlihat dari hubungan antara siswa satu dengan yang lain mereka suka saling membantu teman yang sedang kesulitan dalam pelajaran, atau guru itu sendiri yang akan memberikan penjelasan mengenai hal yang tidak dimengerti tersebut. Adapun persaingan  dalam meraih juara kelas sangat begitu terlihat mereka tetap membantu teman yang mengalami kesulitan dalam mengertikan pelajaran. Untuk hubungan guru dengan siswa juga cukup baik, ini dapat dilihat dari antusias para siswa mendengarkan serta memperhatikan penjelasan dari guru dengan tertib. Dalam menjelaskan materi guru sudah cukup baik dengan sesekali diselingi pertanyaan dan jawaban baik dari guru maupun dari siswa itu sendiri. Guru juga pun tidak segan mengulangi penjelasan apabila siswa tidak mengerti.
3.      Respon anak dalam mengerjakan tugas/PR
Respon siswa dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah sangat bagus hal ini dapat dilihat dari atusias para siswa yang selalu mengerjakan tugas ataupun PR dengan baik dan tepat waktu dengan cara dikerjakan sendiri maupun berkelompok. Sehingga pada saat memulai pelajaran dan guru menanyakan tentang tugas rumah (PR), siswa sudah siap menunjukkan tugas rumah yang telah mereka kerjakan kepada guru mereka. Dan diantara mereka maju ke papan  untuk mengerjakan tugas/PR yang sebelumnya sudah mereka kerjakan.


0 komentar:

Posting Komentar