c. Kondisi Siswa dan Respon Siswa
Siswa
di SMAN 2 Kota Serang di dalam satu kelas rata-rata berjumlah 40 orang. Respon
yang diberikan mereka cukup baik dalam menerima kami untuk melakukan praktek
mengajar.
Selama
proses belajar mengajar aktivitas siswa dalam merespon masalah yang dilontarkan
guru cukup baik. Para siswa sangat aktif untuk merespon masalah yang diberikan
guru. Mereka dapat menanggapi masalah tersebut dengan serius dan selalu
berusaha untuk menjawab dan memecahkan masalah yang diberikan guru. Siswa dapat
menerima pelajaran dengan baik ada yang bertanya serta ada yang menjawab sesuai
dengan kemampuan yang dimiliki. Namun ada beberapa anak yang terlihat pasif
dalam merspon hal-hal tersebut.
1. Keberanian
anak bertanya dan menjawab pertanyaan
Pada
saat guru memberikan kesempatan menjawab dan bertanya kepada siswa. Para siswa
cukup berani untuk melakukan kesempatan tersebut seperti bertanya apabila ada
yang mereka belum mengerti tatang penjelasan guru dan menjawab pertanyaan
di papan untuk maju kedepan kelas. Respon siswa sangat baik terutama pada saat
guru memberikan pertanyaan kepada siswa, hampir semua siswa mengacungkan tangan
untuk menjawab pertanyaan tersebut seolah-olah mereka berebut untuk menjawabnya
walaupun jawaban mereka ada yang kurang tepat. Namun ada beberapa siswa yang
tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan guru karena malu padahal
mereka bisa untuk menjawabnya, ada juga yang tidak berani menjawab karena
memang tidak bisa menjawab.
2. Interaksi
siswa, siswa-guru selama PBM
Interaksi
siswa, siswa-guru selama proses belajar mengajar berlangsung cukup baik dan
terjalin dengan baik. Mereka saling berkerjasama dalam menyelasaikan masalah
yang diberikan oleh guru. Ini dapat terlihat dari hubungan antara siswa satu
dengan yang lain mereka suka saling membantu teman yang sedang kesulitan dalam
pelajaran, atau guru itu sendiri yang akan memberikan penjelasan mengenai hal
yang tidak dimengerti tersebut. Adapun persaingan dalam meraih juara
kelas sangat begitu terlihat mereka tetap membantu teman yang mengalami
kesulitan dalam mengertikan pelajaran. Untuk hubungan guru dengan siswa juga
cukup baik, ini dapat dilihat dari antusias para siswa mendengarkan serta
memperhatikan penjelasan dari guru dengan tertib. Dalam menjelaskan materi guru
sudah cukup baik dengan sesekali diselingi pertanyaan dan jawaban baik dari
guru maupun dari siswa itu sendiri. Guru juga pun tidak segan mengulangi
penjelasan apabila siswa tidak mengerti.
3. Respon
anak dalam mengerjakan tugas/PR
Respon
siswa dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah sangat bagus hal ini dapat
dilihat dari atusias para siswa yang selalu mengerjakan tugas ataupun PR dengan
baik dan tepat waktu dengan cara dikerjakan sendiri maupun berkelompok.
Sehingga pada saat memulai pelajaran dan guru menanyakan tentang tugas rumah
(PR), siswa sudah siap menunjukkan tugas rumah yang telah mereka kerjakan
kepada guru mereka. Dan diantara mereka maju ke papan untuk mengerjakan
tugas/PR yang sebelumnya sudah mereka kerjakan.
0 komentar:
Posting Komentar