Pages

Rabu, 11 Januari 2017

TEORI ANTRIAN

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Adanya keterbatasan sumber daya dalam suatu sistem ekonomi dan dunia usaha (bisnis) menyebabkan orang-orang, barang-barang maupun komponen-komponen harus menunggu untuk mendapatkan jasa pelayanan. Dalam kasus tersebut barisan tunggu yang terjadi sering disebut dengan  antrian (queues), berkembangnya antrian dikarenakan kuantitas maupun kualitas pelayanan (server) adalah relatif lebih rendah dan terbatas dalam memenuhi permintaan pelayanan pelanggan.
Sistem antrian tersebut sering kali dan hampir terlihat setiap hari, seperti antrian mobil-mobil yang memasuki tempat usaha pencucian mobil dengan tujuan untuk dicuci mobilnya. Contoh lebih lanjut yaitu pada antrian para nasabah di bank untuk mendapatkan pelayanan dari para teller, antrian para pelanggan di suatu swalayan untuk melakukan pembayaran di kasir.
Adanya pembuatan laporan ini dimaksudkan sebagai studi kasus yang menitik beratkan pada sistem antrian yang terjadi pada lokasi yang ditinjau. Dimana dalam studi kasus kali ini lokasi yang ditinjau ialah “Kentucky Fried Chicken (KFC)” di Mall Ramayana Serang.

B.       Rumusan Masalah
Adapun rumusan yang masalah yang diajukan dalam studi kasus mengenai proses antrian ini adalah:
  1. Bagiamana model sistem antrian pembeli chicken “Kentucky Fried Chicken” yang melakukan pembayaran di kasir?
  2. Bagaimana rata-rata waktu antar kedatangan pembeli yang masuk antrian pembayaran di kasir?
  3. Bagaiamana rata-rata waktu pelayanan kasir “Kentucky Fried Chicken” yang diberikan?
  4. Berapakah probabilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong pada sistem antrian “Kentucky Fried Chicken”?
  5. Berapakah probabilitas n pelanggan dalam sistem antrian?
  6. Berapakah rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem?
  7. Berapakah rata-rata panjang antrian?
  8. Berapakah rata-rata waktu seorang pelanggan harus menunggu dalam sistem?
  9. Berapakah rata-rata waktu menunggu sebelum menerima pelayanan?
  10. Berapakah rata-rata panjang antrian yang tidak kosong?
  11. Berapakah rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu?

C.        Tujuan
Adapun tujuan dalam studi kasus mengenai proses antrian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui model sistem antrian pembeli chicken “Kentucky Fried Chicken” yang melakukan pembayaran di kasir.
2.      Untuk mengetahui rata-rata waktu antar kedatangan pembeli yang masuk antrian pembayaran di kasir.
3.      Untuk mengetahui rata-rata waktu pelayanan kasir “Kentucky Fried Chicken” yang diberikan.
4.      Untuk mengetahui probabilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong pada sistem antrian “Kentucky Fried Chicken”.
5.      Untuk mengetahui probabilitas n pelanggan dalam sistem antrian.
6.      Untuk mengetahui rata-rata banyaknya pelanggan dalam sistem.
7.      Untuk mengetahui rata-rata panjang antrian.
8.      Untuk mengetahui rata-rata waktu seorang pelanggan harus menunggu dalam sistem.
9.      Untuk mengetahui rata-rata waktu menunggu sebelum menerima pelayanan.
10.  Untuk mengetahui rata-rata panjang antrian yang tidak kosong.
11.  Untuk mengetahui rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu.

D.       Manfaat
Manfaat yang dapat diambil dalam studi kasus mengenai sisitem antrian ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dapat memahami mengenai suatu proses antrian.
  2. Dapat mengaplikasikan teori proses antrian.

0 komentar:

Posting Komentar