BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Adanya keterbatasan sumber daya
dalam suatu sistem ekonomi dan dunia usaha (bisnis) menyebabkan orang-orang,
barang-barang maupun komponen-komponen harus menunggu untuk mendapatkan jasa
pelayanan. Dalam kasus tersebut barisan tunggu yang terjadi sering disebut
dengan antrian (queues), berkembangnya antrian dikarenakan kuantitas maupun
kualitas pelayanan (server) adalah
relatif lebih rendah dan terbatas dalam memenuhi permintaan pelayanan
pelanggan.
Sistem antrian tersebut sering
kali dan hampir terlihat setiap hari, seperti antrian mobil-mobil yang memasuki
tempat usaha pencucian mobil dengan tujuan untuk dicuci mobilnya. Contoh lebih
lanjut yaitu pada antrian para nasabah di bank untuk mendapatkan pelayanan dari
para teller, antrian para pelanggan di suatu swalayan untuk melakukan
pembayaran di kasir.
Adanya pembuatan laporan ini
dimaksudkan sebagai studi kasus yang menitik beratkan pada sistem antrian yang
terjadi pada lokasi yang ditinjau. Dimana dalam studi kasus kali ini lokasi
yang ditinjau ialah “Kentucky Fried Chicken (KFC)” di Mall Ramayana Serang.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan yang masalah
yang diajukan dalam studi kasus mengenai proses antrian ini adalah:
- Bagiamana model
sistem antrian pembeli chicken “Kentucky Fried Chicken” yang melakukan
pembayaran di kasir?
- Bagaimana rata-rata
waktu antar kedatangan pembeli yang masuk antrian pembayaran di kasir?
- Bagaiamana
rata-rata waktu pelayanan kasir “Kentucky Fried Chicken” yang diberikan?
- Berapakah
probabilitas pelayanan sedang menganggur atau kosong pada sistem antrian “Kentucky
Fried Chicken”?
- Berapakah
probabilitas n pelanggan dalam
sistem antrian?
- Berapakah rata-rata
banyaknya pelanggan dalam sistem?
- Berapakah rata-rata
panjang antrian?
- Berapakah rata-rata
waktu seorang pelanggan harus menunggu dalam sistem?
- Berapakah rata-rata
waktu menunggu sebelum menerima pelayanan?
- Berapakah rata-rata
panjang antrian yang tidak kosong?
- Berapakah rata-rata
waktu suatu kedatangan tidak menunggu?
C.
Tujuan
Adapun tujuan dalam studi kasus
mengenai proses antrian ini adalah:
1.
Untuk mengetahui model sistem antrian pembeli chicken
“Kentucky Fried Chicken” yang melakukan pembayaran di kasir.
2.
Untuk mengetahui rata-rata waktu antar
kedatangan pembeli yang masuk antrian pembayaran di kasir.
3.
Untuk mengetahui rata-rata waktu pelayanan kasir
“Kentucky Fried Chicken” yang diberikan.
4.
Untuk mengetahui probabilitas pelayanan sedang
menganggur atau kosong pada sistem antrian “Kentucky Fried Chicken”.
5.
Untuk mengetahui probabilitas n pelanggan dalam
sistem antrian.
6.
Untuk mengetahui rata-rata banyaknya pelanggan
dalam sistem.
7.
Untuk mengetahui rata-rata panjang antrian.
8.
Untuk mengetahui rata-rata waktu seorang pelanggan
harus menunggu dalam sistem.
9.
Untuk mengetahui rata-rata waktu menunggu
sebelum menerima pelayanan.
10. Untuk
mengetahui rata-rata panjang antrian yang tidak kosong.
11. Untuk
mengetahui rata-rata waktu suatu kedatangan tidak menunggu.
D.
Manfaat
Manfaat yang dapat diambil
dalam studi kasus mengenai sisitem antrian ini antara lain adalah sebagai
berikut:
- Dapat memahami mengenai
suatu proses antrian.
- Dapat mengaplikasikan
teori proses antrian.
0 komentar:
Posting Komentar